Pengumuman.

now, this is Lee Jong Hyun :*

Lee Jong Hyun

google translate

Saturday, February 7, 2015

Teknik Kimia, apa sich? (sebelum lanjut mengenai teknik kimia unlam)

JC :)

Nah,,, semester 8 telah tiba, mumpung kuliah belum aktif, lebih baik ngeblog dlu, sebelum dikejar2 rutinitas perkuliahan, penelitian dan tugas akhir.


Umum
Menurut abang wikipedia :
Teknik kimia (Inggrischemical engineering) adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi.
  • Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik
  • Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur  proses" (process engineer). 
  • Selain itu, insinyur teknik kimia modern juga melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan material-material dan teknik-teknik baru, yang kadang-kadang juga berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, seperti nanoteknologisel bahan bakar, dan teknik biomedis dan sebagainya.
terdapat dua subgrup besar teknik kimia : 
1) mendesain, membangun, dan mengoperasikan pembangkit/pabrik dan proses-proses kimia di dalamnya
2) mengembangkan substansi baru atau pengembangan dari substansi sebelumnya pada berbagai produk yang rentangnya mulai dari makanan dan minuman sampai kosmetik, pembersih, dan obat-obatan.


Nah
nah jadi Teknik kimia ini, bukan hanya mengenai KIMIA saja yang dipelajari, melainkan materi utama teknik kimia adalah yang berkaitan dengan MATEMATIKA dan FISIKA... :DDDD  
ini nih,,, 
banyak juga yang masuk teknik kimia (termasuk sebagian angkatan kami :D) tanpa mengetahui lebih lanjut apa itu teknik kimia, yang penting suka kimia trus pilih deh teknik kima :D 
kena deh jebakan betmen bagi yang lebih suka KIMIA, daripada MATEMATIKA dan FISIKA #seperti aku :D

Jadi ada tiga jurusan di Universitas Lambung Mangkurat yang berhubungan langsung dengan nama KIMIA,
1. Pendidikan Kimia di FKIP Unlam
2. Kimia di FMIPA Unlam
3. Teknik Kimia di FT Unlam

klo Pendidikan Kimiakan jelas, tujuan utama lulusannya adalah untuk menjadi guru kimia. jadi bagi  yang suka kimia dan berminat menjadi guru kimia, pasti langsung kepikiran memilih jurusan Penididkan Kimia, FKIP.

Nah, klo yang suka kimia tapi gak mau jadi guru, dan mungkin saja ingin berkerja di bidang kimia, umumnya milih jurusan kimia atau teknik kimia. 

Terjadilah keGALAUan hati pemirsa, ketika perkuliahan dimulai bagi yang masuk jurusan teknik kimia + alasan masuk suka kimia + kurang suka matematika dan fisika + gak cari tahu dulu tentang teknik kimia pas milih jurusan di masa lampau.
ternyata gak cuman aku aja yang milih teknik kimia karena lebih menyukai kimia, ada teman seangkatan yang juga masuk teknik kimia tanpa tahu teknik kimia seperti apa, karena menyukai kimia, karena ikut-ikutan teman dsb.

Walhasil,
Memasuki semester 3, terkhusus untuk angkatan 2011 teknik kimia, ada yang mengundurkan diri dari teknik kimia. ada yang memilih jurusan lain lagi sebagai mahasiswa baru salah satunya memilih jurusan Kimia FMIPA, ada juga yang berhenti untuk fokus bekerja saja.
tapi banyak juga yang bertahan di teknik kimia dengan harapan yang baru dan cara pandang yang baru, seperti aku yang memang ingin bekerja di Industri meskipun proses yang harus dilalui cukup berat bagiku (karena harus menghadapi kuliah-kuliah yang berhubungan dengan matematika dan fisika. 

Untuk teman-teman yang sudah" terlanjur" masuk teknik kimia, kalau memang melanjutkan teknik kimianya , tetap SEMANGAT, angkatan kami khususnya berhasil melewati suka duka semester demi semester di teknik kimia Unlam sampai akhirnya kami memasuki semester 8 ini :') Puji Tuhan...

Banyak hal bagiku yang membuat aku bisa bertahan di teknik kimia ini. salah satumya, bagi yang kurang menyukai matematika dan fisika , cobalah untuk mencintainya, senantiasa mengucap syukur atau bisa dikatakan ikhlas dalama menghadapinya, niscahya bisa dilewati dengan baik. 
seperti ka Iyul angkatan 2008 pernah bilang, setelah kita sudah melewatinya kita pasti mengerti dan terbiasa dengan hal-hal yang menyangkut teknik kimia, matematika, dsb. secara natural, jika kita mau berusaha, pasti bisa dilewati.

yang terutama aku bisa bertahan di teknik kimia unlam ini juga bukan karena kuatku melainkan karena pertolongan Tuhan yang senantiasa ada untuk kita, support ornagtua dan keluarga, dan juga teman-teman seangkatan yang solid :')  praise the Lord :)

Ada beberapa hal yang menarik tentang teknik kimia lagi seperti bedanya Kimia dan Teknik Kimia,  mata kuliahnya seperti apa (teknik kimia unlam), lulusan nanti bekerja dimana, akan dibahas di entry selanjutnya, dahhhhh

God Bless You :) :*



No comments:

Post a Comment